Sponsor: Get .com for just $5.98

Persaingan bisnis dimasa sekarang ini semakin ketat, masa dimana informasi tersebar sangat cepat.

Baik tua maupun muda sudah terbiasa dengan smartphone dan sosial media. Mereka semakin mudah mencari sesuatu di dunia maya. Bayangkan jika itu adalah calon pelanggan anda.

Pemilik bisnis haruslah sudah memikirkan strategi untuk bisa cepat beradaptasi dengan keadaan ini. Baik bisnis kecil atau pun besar, sekalipun bisnis tersebut mempunyai target pasar skala lokal.

Anda saat ini mungkin masih ragu untuk membuat website untuk bisnis atau usaha yang sedang anda jalankan. Berikut beberapa alasan yang bisa anda pertimbangkan.

1. Website sebagai wadah informasi yang padat dan lengkap

Jika pemasaran tradisional sebelumnya menggunakan benda fisik seperti brosur, kartu nama, katalog, dll., disaat ini semua hal tersebut bisa dimuat lengkap dan interaktif didalam website.

Jika website anda memiliki desain User Experience yang baik, ini akan sangat memberi kenyamanaan pengunjung yang memberi potensi terhadap penjualan produk/jasa anda dan juga penilaian terhadap brand anda, pikirkan hal ini juga sebagai pelayanan pelanggan.

Terkadang untuk beberapa pengunjung yang belum mengetahui secara detail tentang bisnis anda bisa mendapatkan jawaban dengan mudah ketika membaca narasi konten pada halaman website.

Tanpa perlu tenaga dan waktu yang terbuang untuk menanggapi secara langsung.

Misalpun pengunjung tidak mendapatkan jawaban, pengunjung tetap bisa langsung menghubungi sesuai informasi kontak yang tersedia di website.

Website merupakan cara satu-satunya bagi konsumen untuk mendapatkan jawaban secara cepat, mungkin ketika teringat sesuatu di waktu yang sedang tidak memungkinkan. Hal pertama yang dilakukan sudah pastilah mengambil smartphone dan memulai mesin pencari.

Bagaimanapun mereka mengharap jawaban instan. Seperti ketika mengunjungi website anda, pengunjung mengharapkan mendapatkan jawaban paling tidak 3 detik, seperti: Tentang apa produk anda?; Apa saja jenis produk yang ditawarkan?; ataupun Pilihan harga.

2. Membantu agar lebih kredibel dan dipercaya

Pada masa ini konsumen sudah secara otomatis menaruh harapan bahwa bisnis anda memiliki kehadiran online dalam bentuk website yang terdedikasi.

Kesan pertama untuk seorang konsumen ketika mengunjungi website sangatlah penting, ini adalah salah satu jalan untuk membangun kepercayaan konsumen.

"Dari mata turun ke hari"

Desain website lalu kemudian penataan informasi membentuk empati pada konsumen, semua hal tersebut mempengaruhi keputusan konsumen.

Memiliki website yang profesional dan mudah digunakan sangat membantu bisnis anda membangun reputasi yang baik untuk menjalin bisnis.

3. Pengunjung mencari bisnis anda di mesin pencari

Untuk mencari apa yang dibutuhkan pengunjung selalu mengawali pada mesin pencari, terlebih khusus lagi, sebagian besar pencarian adalah untuk mencari produk/jasa pada bisnis lokal.

Akan sangat disayangkan jika konsumen di daerah anda mencari produk/jasa yang anda miliki namun konsumen tersebut tidak mengetahui anda.

Inilah pentingnya memiliki website yang dioptimalkan untuk mesin pencarian. Agar bisnis anda tidak kehilangan peluang mendapatkan konsumen.

4. Optimasi mesin pencari untuk smartphone/perangkat seluler

Google mempelajari bahwa sebagian besar konsumen melakukan pencarian ketika sedang bepergian dan mencari bisnis lokal yang terdekat.

Pada kasus seperti ini memiliki website yang optimal untuk diakses melalui ponsel seluler akan sangat memperbesar peluang google untuk menampilkan website di rank teratas pada halaman pencarian. Peluang untuk menjadi konsumen anda pun semakin besar.

5. Konsumen dapat mengakses kapanpun dan dimanapun

Kita tidak pernah tahu kapan konsumen baru atau bahkan konsumen sebelumnya ingin mencari tahu tentang produk/jasa, mereka bisa saja ingin mencari tahu diluar jam kerja operasional.

Inilah gunanya website, konsumen tahu harus mengunjungi website untuk mendapatkan jawaban tentang produk/jasa dan informasi lainya.

Website anda tetap online 24 jam 7 harinya, bahkan untuk melayani pembelian sekalipun.

Jika anda khawatir dengan customer service untuk konsumen, saat ini sudah banyak layanan otomasi untuk customer service. Layanan ini sudah cukup bisa menangani tugas dasar customer service.

Share

Let me know your thought or you find a mistake/outdated content for this post.

Get the latest update of tutorials, inspirations and useful resources for website design and development to your email box