Sponsor: Get .com for just $5.98

Menggunakan Ghost CMS untuk blogging sungguh luar biasa. Cepat, mudah, dan powerfull.

Ghost CMS ditujukan terutama untuk blogging dengan kemungkinan model keanggotaan. Yang memungkinkan kamu membangun komunitas dan memonetisasi konten kamu.

Kamu dapat menggunakan Ghost secara gratis karena merupakan open source, Ghost memiliki infrastruktur terkelola sepenuhnya yang juga dapat kamu gunakan.

Ketika saya membuat situs blog ini, saya memutuskan semua konten saya akan ada di kelola di Ghost CMS. Rencananya adalah digunakan sebagai headless CMS yang saya hostingkan di server pribadi saya.

Hosting yang saya gunakan adalah shared hosting dari Domainesia. Pada hosting provider ini sudah terdapat fitur instalasi Ghost hanya dengan satu klik saja.

Pada dasbor diatas, kita bisa:

  • Install, digunakan untuk pertama kali menginstall Ghost sesuai pada folder domain atau document root.
  • Uninstal, digunakan untuk menghapus instalasi Ghost pada hosting.
  • Restart, digunakan untuk merestart jika tiba-tiba Ghost stop atau application unavailable.
  • Stop, digunakan untuk menghentikan aplikasi Ghost pada hosting.

Dasbor instalasi Ghost sangat memudahkan kita mengelola untuk tiap-tiap instalasinya.

Perlu diperhatikan bahwa setiap instalasi sudah dalam mode production dan menggunakan database dari MySql. Bukan lagi mode development atau menggunakan database SqLite.

Install Ghost Pada Shared Hosting

💬
Seperti yang sudah saya beri tahu sebelumnya bahwa saya menggunakan Domainesia, jadi mungkin tampilan dasbor cPanel anda bisa berbeda.

Masuk atau login ke cPanel anda lalu akan langsung terlihat pada sisi sidebar kanan terdapat menu Ghost.

Pilih Ghost untuk masuk ke dasbor instalasi Ghost.

Kemudian jika sudah pada dasbor instalasi Ghost, anda bisa langsung klik install pada domain yang ingin anda install applikasi Ghost.

Tunggu sedikit lama sampai process installasi selesai. Jika instalasi sudah selesai kamu bisa langsung akses domain kamu untuk melihatnya.

Untuk mengakses dasbor Ghost, kamu bisa menambah kan ghost pada akhir domain kamu. Misal domain kamu ghostku.com maka akan menjadi ghostku.com/ghost.

Di atas adalah halaman awal membuat akun Ghost untuk masuk ke halaman dasbor nya.

Kesimpulan

Meng-install applikasi Ghost di hosting yang sudah terintegrasi dengan Ghost seperti pada Domainesia akan sangat mudah. Hanya 1-click install dan kamu sudah bisa untuk memulai membuat blog dengan performa yang berbeda jika ada pernah memakai Wordpress.

Share

Let me know your thought or you find a mistake/outdated content for this post.

Get the latest update of tutorials, inspirations and useful resources for website design and development to your email box