Sponsor: Get .com for just $5.98

Kita semua tau bagaimana kemampuan sosial media dalam hal marketing untuk bisnis dan setiap orang memiliki cara berbeda bagaimana mengelola marketing post di sosial media.

Setiap platform sosial media memilik strategi post yang berbeda beda, mulai dari twitter, facebook instagram dan pinterest adalah platform utama yang setidaknya dimiliki oleh setiap bisnis.

Untuk pemilik bisnis yang sibuk dan belum memiliki admin yang secara khusus mengelola marketing disosial media akan sangat berat.

Bagaimana sebaiknya mengelola konten media sosial tetap stabil tanpa harus mengorbankan antara interaksi dengan konsumen dan tugas lain yang harus di kerjaan.

Ikuti cara berikut

Rencanakan konten

Buatlah daftar kemungkinan variasi konten yang bisa anda buat untuk beberapa minggu kedepan atau dalam satu bulan.

Mulai dengan menulis dikertas secara acak terlebih dahulu. Agar anda tidak terdistraksi dengan berpikir tentang urutan yang benar.

Agar konten tidak membosankan dan profile terlihat lebih aktif buat lah variasi jenis konten. Untuk jenis konten bisa berupa link blog post, promosi produk, promosi event, promosi musiman, repost konten sebelum, dan quote.

Buat jadwal posting

Setelah anda siap dengan daftar rencana konten, maka selanjutnya adalah membuat jadwal kapan waktu yang tepat untuk posting dan bagaimana urutan untuk masing – masing konten untuk masing – masing platform sosial media.

Dengan cara ini anda bisa lebih fokus dengan strategi variasi konten yang menarik terlebih untuk target audien baru.

Memakai template atau preset

Gambar atau foto adalah interaksi paling awal dari bisnis anda dengan audien. seharusnya gambar atau foto lebih menonjol dan menarik perhatian.

Preset dan template akan sangat membantu anda memangkas waktu memproduksi gambar atau foto yang menarik.

Anda bisa menggunakan preset bawaan dari instagram atau memakari aplikasi lain yang anda sukai. Begitupun dengan template, tanpa memulai dari awal anda hanya tinggal mengkombinasikan tema yang sudah ada.

Ringan tapi cukup memakan waktu, kadang banyak pertanyaan di post yang selalu ditanyakan berulang-ulang.

Agar lebih mudah ada baiknya mencegah dengan mempersiapkan jawaban terlebih dahulu. Seperti harga, stock ukuran, ada di kota mana saja, dll.

Memakai aplikasi otomatisasi

Setelah semua konten selesai disiapkan, sekarang saatnya mengaturnya di applikasi post otomatis.

Applikasi jenis ini sangat membantu sekali untuk jadwal post, walaupun untuk sosial media besar seperti twitter, facebook, pinterest sudah memiliki fitur ini, tapi akan lebih mudah mengatur dan edit dalam satu tempat.

Ada beberapa applikasi terkenal dan aman untuk anda bisa pakai seperti Later, tailwind, hootsuite, buffer, dll. Masing masing ada versi gratis dengan beberapa batasan fitur dan memiliki harga langganan berbayar yang berbeda.

Mulai mencoba

mungkin ide tidak datang sekaligus dalam satu waktu, tapi membuat rencana bisa memicu ide yang lebih besar.

Dan ketika ide yang lebih baik datang anda hanya tinggal mengubahnya pada jadwal.

Cobalah memulai rencanakan konten apa saja yang akan anda buat dalam satu bulan untuk bisnis anda. Fokuslah pada calon konsumen anda. Sajikan sesuai bagaimana brand bisnis anda.

Share

Let me know your thought or you find a mistake/outdated content for this post.

Get the latest update of tutorials, inspirations and useful resources for website design and development to your email box